Icon CopyMarkerGroupPath 2Path 2Combined ShapePath 2Path 2Path 2ES Logo 4 ColsBGPath 2 Copy 2Phone Icon CopyButtonPlay buttonButton“”“”Fill 1CurrentCurrentCurrentPath 2 Copy 16mail

KODE ETIK DAN PERATURAN

 

  1. PENDAHULUAN
    Kode Etik dan Peraturan Distributor ini dibuat oleh PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia sebagai peraturan baku yang berlaku bagi para pelaku usaha penjualan berjenjang Multi Level Marketing (MLM) PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia di dalam menjalankan usahanya dan bersifat mengikat, antara penjual (distributor) dan perusahaan PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia serta menjadi satu-satunya ketentuan dimana distributor serta PT. Cahaya Berkat Limpah terikat dan mematuhi kode etik dan peraturan distributor ini sejak di postingnya/di daftarkannya distributor dan berlaku selama menjadi distributor PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia.

  2. TUJUAN
    Kode Etik dan Peraturan Distributor ini dibuat agar tercipta perlindungan kepentingan usaha bagi para distributor dan PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia secara menyeluruh yang dilakukan secara sehat, bertanggung jawab, saling menguntungkan dan harmonis, serta untuk menjamin terciptanya kesempatan berusaha yang sama dan adil bagi seluruh distributor tanpa ada perbedaan hak dan kewajiban para distributor.
    1. Istilah dan Pengertian
      Untuk memberikan pengertian dalam memahami kode etik dan peraturan distributor ini, perlu diberikan penjelasan tentang istilah dan pengertian yang dipergunakan di dalam kode etik dan peraturan distributor ini.

      1. Perusahaan adalah PT. Cahaya Berkat Limpah yang beralamat di Neo Soho Podomoro City Lt. 30 Unit 3021 Jl. Letjen S Parman Kav 28 Jakarta Barat.
      2. Distributor adalah seseorang yang telah mendapatkan persetujuan dari perusahaan untuk menjadi mitra usaha perusahaan.
      3. Sponsor adalah distributor yang pertama kali mengenalkan anda.
      4. Upline adalah distributor yang menjadi penempatan/placemaint dari distributor lain.
      5. Downline adalah distributor yang disponsori langsung oleh distributor.
      6. Konsumen adalah pembeli akhir dari produk-produk perusahaan dengan tujuan untuk pemakaian pribadi.
      7. Marketing Plan adalah system perhitungan komisi, bonus atau keuntungan lainnya dan jenjang karier/posisi yang akan dicapai oleh distributor dalam pengembangan usahanya.
      8. Barang adalah produk-produk yang dipasarkan oleh perusahaan melalui para distributor kepada konsumen.
      9. Posisi adalah jenjang karier atau prestasi kedistributoran dari distributor.
      10. Jaringan adalah seluruh distributor yang terdaftar dalam kelompok distributor bersangkutan.

    2. Syarat Menjadi Distributor
      Seorang yang ingin menjadi distributor PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia diwajibkan untuk melengkapi persyaratan sebagai berikut :

      1. Mengisi Formulir Pendaftaran Distributor sementara PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia yang dikeluarkan oleh perusahaan.
      2. Memiliki sponsor distributor.
      3. Melampirkan fotocopy KTP atau identitas lain yang masih berlaku.
      4. Memiliki alamat, nomor telpon dan nomor rekening bank yang jelas.

    3. Prosedur Pendaftaran Distributor

      1. Formulir Pendaftaran Distributor harus ditanda tangani oleh calon distributor dan diketahui oleh sponsornya.
      2. Calon distributor harus membaca dengan seksama peraturan dan syarat-syarat pada saat menjalankan bisnis PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia.
      3. Calon distributor dilarang memberikan atau mengisi keterangan yang tidak benar atau palsu pada formulir pendaftaran distributor sementara.
      4. Suami istri diperbolehkan menjadi distributor dengan ketentuan salah satunya saling mensponsori atau masih dalam satu jaringan.

    4. Status Distributor

      1. Status distributor hanya diberikan kepada perorangan yang telah sah menjadi distributor perusahaan, dengan cara di posting/di daftarkan di web. www.cbl.co.id serta menyelesaikan persyaratan administrasi yang telah ditentukan.
      2. Seorang distributor adalah pengusaha mandiri yang bersifat independen dengan memasarkan produk-produk perusahaan melalui pengembangan jaringan bisnis dan bukan pegawai atau staf PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia.
      3. Setiap distributor tidak mempunyai ikatan jam kerja dengan perusahaan dan tidak berhak mendapatkan tunjangan dalam bentuk apapun dari perusahaan.

    5. Pensponsoran

      1. Pendaftaran distributor baru oleh distributor sponsornya menandakan hak pensponsoran distributor baru, yaitu adanya ikatan yang sah pada jalur pensponsoran antara up-line dan    down-line tidak dapat dirubah lagi.
      2. Distributor yang menjadi sponsor bagi seorang distributor wajib menjelaskan seluruh produk dan program pemasaran yang berlaku dengan benar serta membantu distributor baru tersebut dalam memulai pengembangan bisnisnya. Demikian juga distributor baru tersebut berhak memperoleh informasi yang jelas dari sponsornya.
      3. Sponsor harus bertindak sewajarnya, tidak dibenarkan memberikan janji-janji yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan tidak sesuai dengan yang ditetapkan oleh perusahaan yang berakibar merugikan pihak perusahaan dan distributor yang disponsorinya.
      4. Sponsor harus menjalin hubungan kerja sama usaha/bisnis yang saling menguntungkan, harmonis serta mempertegas bahwa keberhasilan dalam bisnis ini tidak terlepas dari usaha keras yang sungguh-sungguh.
      5. Sponsor tidak dibenarkan melakukan kegiatan atau usaha yang tidak etis yang dapat mengakibatkan kerugian jalur organisasi pensponsoran yang telah terbentuk dalam jaringan bisnis PT. Cahaya Berkat Limpah Indonesia.
      6. Jika seorang distributor disponsori oleh dua orang sponsor yang berlainan dan pensponsoran yang kedua terjadi ketika distributor tersebut masih aktif, maka yang dianggap sah adalah sponsor yang pertama.
      7. Jika seorang sponsor telah dicabut kedistributorannya karena telah mengundurkan diri atau melakukan pelanggaran kode etik dan peraturan distributor, maka jalur sponsor bawahannya akan diberikan secara langsung kepada jalur sponsor di atasnya dengan memenuhi persyaratan yangdiberlakukan perusahaan.
      8. Jika terjadi pelanggaran hak-hak pensponsoran maka perusahaan dapat menerima laporan dari para distributor lainnya untuk diambil suatu tindakan, sesuai dengan ketentuan mengenai sanksi yang diatur dalam kode etik dan peraturan distributor ini.

    6. Perpindahan Sponsorisasi

      1. Seorang distributor tidak diperkenankan pindah dari garis sponsor atau mendaftar kembali dengan disponsori oleh distributor lainnya.
      2. Setelah 6 bulan sejak disetujui pengunduran diri seorang distributor maka ia boleh kembali mengajukan diri menjadi distributor dengan sponsor lain.

    7. Hak Menghibahkan dan Mewariskan Kedistributoran

      1. Distributor yang masih memiliki hak-hak kedistributorannya dan tidak melanggar kode etik dan peraturan distributor dapat menghibahkan hak kedistributorannya kepada orang lain.
      2. Untuk mendapatkan hak menghibahkan kedistributoran ini, distributor harus mengajukan secara tertulis dengan mengisi formulir hak menghibahkan yang disediakan perusahaan, melampirkan fotocopy ktp yang berlaku dan surat pernyataan di atas meterai yang ditandatangani oleh pihak distributor yang mengibahkan dan pihak yang dihibahkan.
      3. Apabila seorang distributor meninggal dunia maka hak kedistributorannya dan hak-hak lain yang melekat atau timbul karena kedistributorannya tersebut akan beralih sebagai warisan kepada ahli waris.
      4. Ahli waris harus sesuai dengan nama yang tercantum dalam web pribadi distributor atau ahli waris yang ditunjuk sebelumnya melalui surat pernyataan di atas materai oleh distributor yang meninggal tersebut.

    8. Hak Untuk Memperoleh Penghargaan
      Distributor yang berhasil mencapai posisi jenjang karir distributor sesuai ketentuan dalam marketing plan layak ditampilkan pada acara yang diadakan oleh perusahaan.

    9. Kewajiban Distributor

      1. Setiap distributor wajib untuk membina down-line dan seluruh distributor yang ada di dalam jaringannya melalui support system yang disiapkan oleh perusahaan atau yang dikelola sendiri dengan tujuan agar distributor di dalam jaringannya sukses menjalankan bisnis.
      2. Distributor wajib memberikan penjelasan lengkap sesuai yang dianjurkan secara tertulis oleh perusahaan mengenai bisnis, pengetahuan produk, cara penggunaan produk, cara penyimpanan produk dan hal-hal lain yang harus diketahui oleh konsumen sebelum membeli produk-produk perusahaan.
      3. Distributor diwajibkan, hanya menjual produk-produk resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan serta mengikuti aturan pemakaian yang dianjurkan.
      4. Distributor wajib memberikan bukti pembelian produk kepada konsumen, dan bila terjadi klain oleh konsumen, maka konsumen diharuskan untuk melampirkan bukti pembelian produk.

    10. Larangan Bagi Distributor

      1. Distributor tidak dibenarkan menjual produk-produk perusahaan lebih rendah dari harga distributor yang telah ditentukan oleh perusahaan.
      2. Distributor tidak dibenarkan memberikan penjelasan yang salah mengenai marketing plan perusahaan dan kandungan, manfaat, cara pemakaian, serta cara penyimpanan dari produk yang dipasarkan perusahaan.
      3. Setiap distributor tidak dibenarkan/mengajak distributor PT. Cahaya Berkat Limpah lainnya untuk menjual produk atau menjalankan bisnis perusahaan MLM lainnya ataupun melakukan aktifitas suatu bisnis yang berdampak merugikan distributor perusahaan.
      4. Distributor tidak dibenarkan menjual produk-produk yang telah kadaluwarsa, kemasan produk rusak sebagian atau seluruhnya.
      5. Distributor tidak dibenarkan mengganti kemasan produk dengan tujuan menjualnya kepada konsumen.
      6. Distributor tidak dibenarkan untuk menyalahgunakan merek dan logo perusahaan dengan mencantumkannya pada barang cetakan atau dalam sebuah iklan tanpa persetujuan tertulis dari perusahaan.
      7. Distributor dilarang melakukan perbuatan yang sifatnya menjelekkan perusahaan dan melakukan black campain.
      8. Bagi distributor yang melanggar ketentuan ini maka kepadanya akan diberikan sanksi sesuai dengan kode etik dan peraturan distributor ini.
      9. Dilarang melakukan penjualan melalui media-media penjualan online seperti Tokopedia atau Bukalapak dan yang sejenisnya tanpa izin secara tertulis dari PT Cahaya Berkat Limpah.

    11. Perkembangan Jaringan
      Seorang distributor dapat melihat dan mencetak perkembangan jaringan bisnisnya dari situs web perusahaan www.cbl.co.id melalui internet.

    12. Pembayaran Bonus

      1. Bonus distributor diproses dan dikirim melalui transfer bank ke alamat masing-masing rekening bank distributor sesuai yang tercantum di dalam web pribadi distributor yang bersangkutan. Apabila ada biaya pengiriman yang dibebankan oleh pihak bank, maka biaya tersebut akan dipotong langsung dari jumlah bonus yang dikirimkan.
      2. Besarnya jumlah bonus yang dapat diterima distributor dihitung berdasarkan Marketing Plan perusahaan sesuai dengan jumlah pembelian distributor dan pembelian semua distributor di dalam jaringan.
      3. Transfer bank akan dilakukan pada hari kerja bank.
      4. Keterlambatan transfer akibat kelalaian dari bank adalah diluar tanggung jawab perusahaan.
      5. Perubahan nomor rekening distributor harus diberitahukan kepada pihak perusahaan secara tertulis di atas materai dengan melampirkan fotocopy KTP dan halaman pertama dari buku tabungan yang mencantumkan nomor rekening dengan nama yang sama yang terdaftar.

    13. Sanksi-sanksi

      1. Sanksi merupakan upaya terakhir yang diambil oleh perusahaan dan menjadi hak otoritas perusahaan dalam memberikan tindakan sebagai konsekuensi logis atas segala bentuk pelanggaran terhadap kode etik dan peraturan distributor yang terbukti dilakukan oleh distributor.
      2. Apabila seorang distributor terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan peraturan distributor yang telah ditetapkan, maka perusahaan berhak memberikan sanksi berupa :

        1. Teguran secara lisan.
        2. Peringatan secara tertulis.
        3. Larangan menghadiri segala aktivitas perusahaan atau skorsing.
        4. Penghentian pembayaran bonus.
        5. Pencabutan kedistributoran.

      3. Distributor yang selama enam bulan berturut-turut tidak aktif, tidak ada pembelanjaan/sponsor distributor baru, maka perusahaan secara sistem akan membekukan keanggotaan distributor tersebut.
      4. Seiring dengan lewatnya waktu sampai satu tahun pada poin 3 di atas, maka perusahaan secara sistem akan mencabut kedistributorannya secara permanen.

    14. Penyelesaian Perselisihan

      1. Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat antara distributor dengan perusahaan, maka diupayakan dapat diselesaikan dengan jalan musyawarah dan kekeluargaan untuk mencapai mufakat.
      2. Apabila upaya penyelesain tersebut tidak membuahkan hasil, maka perusahaan dan distributor sepakat untuk menempuh jalur hukum yang berlaku melalui kantor kepaniteraan pengadilan negri Jakarta barat.

    15. Penutup

      1. Seluruh distributor wajib mematuhi kode etik dan peraturan distributor ini. Setiap perubahan dan/atau penyempurnaan dari waktu ke waktu oleh perusahaan akan diberitahukan secara umum kepada setiap distributor.
      2. Kode etik dan peraturan distributor ini hanya berlaku di wilayah hukum Indonesia dan mulai efektif berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan adanya perubahan/pembaharuan selanjutnya.
      3. Perusahaan mempunyai hak mutlak untuk mengubah dan/atau memperbarui kode etik ini apabila dianggap perlu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada distributor.
      4. Hal-hal yang belum tercakup dalam kode etik dan peraturan distributor ini, akan diatur dan ditetapkan kemudian.

 

Jakarta,  July 2018

 

Management